Red Bull Ditunggu Tujuh Tim Elit

Jakarta - Dalam sejarah F1, baru ada tujuh tim yang bisa dua musim beruntun menjuarai klasemen konstruktor. Akhir pekan ini Red Bull punya kans bergabung ke kelompok elit itu dengan menjadi yang kedelapan.

Musim lalu Sebastian Vettel keluar jadi juara dunia pembalap dengan timnya, Red Bull, menjadi nomor satu di klasemen konstruktor.

Musim ini, Vettel sudah berhasil mempertahankan titel yang terbaik di arena 'Jet Darat' sedangkan Red Bull berpeluang memastikan mahkota juara konstruktor pada GP Korea di akhir pekan.

Berikut data dan fakta terkait dengan hal itu, seperti dilansir Reuters:

* Akhir pekan lalu Vettel menjadi pembalap termuda F1 yang bisa meraih dua gelar juara dunia. Ia menjadi pembalap nomor sembilan yang memenangi dua gelar beruntun.

* Red Bull dapat memastikan gelar juara dunia konstruktor pada akhir pekan ini untuk kali kedua beruntun. Red Bull saat ini unggul 130 poin dari McLaren yang menjadi pengejar terdekat, dengan 172 poin masih diperebutkan di seri sisa.

* Red Bull akan kembali menjadi kampiun konstruktor jika di Yeongam nanti McLaren tidak mencetak poin lebih banyak.

* Sejauh ini cuma ada tujuh tim yang mampu memenangi gelar juara dunia konstruktor secara berturut-turut: Cooper, Brabham, Lotus, Ferrari, Williams, McLaren dan Renault.

* Dengan sembilan kemenangan dari 15 seri yang sudah dilakoni musim ini, Vettel mesti memenangi seluruh empat seri tersisa demi menyamai rekor Michael Schumacher dalam hal kemenangan terbanyak dalam satu musim--13 kemenangan yang dicatatkan Schumi bersama Ferrari tahun 2004.

* Schumi, yang juga meraih 11 kemenangan di musim 2002, masih menjadi satu-satunya pembalap yang bisa meraih 10 kemenangan atau lebih dalam satu musim.

* Vettel meraih 12 pole dari 15 seri sejauh ini. Itu membuatnya jadi pembalap keempat yang bisa meraih lebih dari 11 pole dalam satu musim. Rekor pole capaian seorang pembalap dalam satu musim adalah 14 yang dibuat Nigel Mansell tahun 1992.

* Vettel mengejar pole keenamnya secara beruntun pada akhir pekan ini. Ayrton Senna masih memegang rekor pole beruntun, delapan.

* Red Bull memulai 16 balapan terakhir dari posisi pole. Rekor pole beruntun capaian sebuah tim konstruktor masih dipegang Williams dengan 24 pole.

* Vettel tidak berhasil menyelesaikan balapan di Yeongam musim lalu setelah mengalami masalah mesin. Itu adalah kali terakhir Vettel gagal meraup poin dan juga kali terakhir Red Bull memiliki dua pembalap retire karena Mark Webber juga mengalami nasib serupa.

sumber : http://www.detiksport.com/read/2011/10/13/070322/1742883/80/red-bull-ditunggu-tujuh-tim-elit?s99110169

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENYERANG SERVER SERTA MENDAPATKAN HAK ADMIN MENGGUNAKAN KALI LINUX

METODE REGULA-FALSI/POSISI PALSU (FALSE POSITION METHOD)

CARA INSTALL KALI LINUX DI ORACLE VIRTUALBOX 6.1 PADA UBUNTU 22.04